menulis dan membaca adalah hobiku saat ini esok dan selanjutnya sampai kapanpun itu,,,, teruslah m

Minggu, 03 Februari 2013

http://www.kupunyahandmade.com/2011/07/tutorial-handmade-notebook.html

Tutorial Handmade Notebook

Akhirnya bisa posting lagi nih,setelah ngerjain laporan semester yang menyita waktu nge-craft. Sudah ngajarin anak-anak di Rumah Belajar bikin notebook, sekarang mau bagi-bagi ilmunya buat teman-teman yang mau bikin notebook sederhana nihh...

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Karton duplex untuk cover notebook. Pilih yang cukup tebal agar cover terkesan kokoh.
Green tips: bisa menggunakan karton kardus bekas atau bekas undangan pernikahan yang hardcover.
2. Kain katun/blacu. Jangan menggunakan kain flanel, gunakan kain yang cukup tipis, jika tebal ga masuk di pembolong kertas :p
Green tips: Gunakan kain perca bekas.
3. Kertas untuk penutup cover bagian dalam. Gunakan kertas agak tebal (220 gr).
Green Tips: Gunakan kertas bekas cover makalah, map, dll
4. Kertas untuk isi notebook.
Green tips: gunakan kertas bekas yang bagian depannya sudah terpakai untuk ngeprint. Kita gunakan bagian belakang yang masih putih :)
5. Double tape dengan ukuran lebar 0,5 cm, biar irit (lagi-lagi green tips ^__^)
6. Selotip kertas ukuran sedang
7. Gunting
8. Pembolong kertas

Dimulai... membuat cover belakang notebook
Siapkan karton duplex dan kain, ukuran karton duplex bebas sesuai keinginan. 
Potong kain lebih 1 cm dari karton.
Tempelkan double tape melintang di bagian ujung karton duplex, lalu tempelkan bagian ujung kain.
Tempelkan double tape di sekeliling karton dan rekatkan kain ke karton duplex. Lakukan dengan rapih dan tarik sisi-sisi pinggir kain hingga menempel dengan karton, sehingga jika dibalik cover belakang bagian luar notebook terlihat rapih.
Tempelkan lagi double tape di sekeliling cover belakang bagian dalam notebook. Tempelkan kertas yang sudah dipotong dengan ukuran sama dengan karton duplex untuk menutupi bagian dalam cover belakang notebook.... selesai deh cover belakangnya.... mudah kan :)

Mulai lagi membuat cover depan notebook....
Potong karton duplex bagian atas selebar 2 cm seperti pada gambar. Tempelkan selotip kertas diantara potongan atas dan bawah karton (depan dan belakang), berikan celah kira-kira selebar 0,5 cm. Rapihkan bagian persambungan dengan menggunakan ujung jari.
Tempelkan double tape di bagian tengah sambungan atas dan bawah karton, juga di sekeliling karton. Tempelkan bagian depan cover kain ke karton, rekatkan bagian tengah persambungan karton dengan kain agar kain tak bergerak dan rapih dengan menggunakan ujung jari.
Lakukan hal yang sama seperti membuat cover depan notebook untuk cover belakang, tapi jangan lupa tempelkan lagi double tape di bagian tengah persambungan karton. Rapihkan bagian persambungan menggunakan ujung jari. Sehingga hasil akhirnya pada gambar di bawah.
Lubangi cover depan dan belakang serta kertas isi notebook (yang sudah dipotong sama dengan ukuran karton) dengan jarak yang sama menggunakan pembolong kertas besar, yang dapat melubangi karton tebal.
Terakhir ikat dengan tali atau pita pada bagian yang sudah dibolongi.Mudah kan? Tutorial untuk membuat hiasan bunganya akan menyusul..... selamat mencoba....
You might also like:
 http://designbyvitarlenology.blogspot.com/search/label/call%20for%20entries
 http://www.vanessachristenson.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar